Kamis, 15 September 2011

Kolam Renang SEA Games Diisi Air Siap Minum


REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG-- Air kolam renang SEA Games yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian akan didatangkan dari Perusahaan Air Minum Jakabaring Palembang yang siap minum, kata Rizal Abdullah.
Kepala Dinas PU Cipta Karya itu di Palembang, Kamis, mengatakan, air siap minum itu nantinya akan diisikan ke bak kolam renang berstandar internasional tersebut.
Hal ini karena kapasitas air bersih itu cukup banyak sehingga siap mengaliri perumahan termasuk kolam renang tersebut, ujar dia pula. Mengenai pengisian air bak tersebut, ia mengatakan, akan dilaksanakan secepatnya sehingga kolam renang tersebut siap dilaksanakan uji coba.
Lebih lanjut dia mengatakan, sebenarnya air PAM tersebut diperuntukan bagi areal perumahan dan fasilitas SEA Games Jakabaring Palembang termasuk Bank Sumselbabel. Pembangunan air siap minum di Jakabaring Palembang itu pipa untuk jaringannya bantuan pemerintah pusat melalui APBN sebesar Rp8 miliar, ujar dia pula.
Oleh karena itu, perencanaan pembangunan di areal pertandingan pesta olahraga se-Asia Tenggara mendatang sudah matang karena karena prasarana dan saran yang dibutuhkan sudah lengkap termasuk air siap minum, kata dia.
Sebelumnya konsultan pembangunan kolam renang SEA Games, Lukman Niode mengatakan, sebenarnya bak kolam renang untuk pesta olahraga se-Asia Tenggara mendatang tersebut bisa diisi air dari manapun.
Hal ini karena kolam renang tersebut memiliki alat pembersih otomatis sehingga secara langsung air menjadi bersih, ujar dia.
Bahkan, kolam renang itu hanya diisi satu kali setelah itu secara otomatis dibersihkan melalui peralatan khusus yang ada di venues pesta olahraga akbar tersebut, tambah dia.