Kamis, 15 September 2011

Berenang dengan Ikan Terbesar di Dunia

Sabtu, 24 Juli 2010 19:47

Laut Cortez, yang berjarak tiga jam penerbangan arah Selatan San Diego adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia dimana hiu paus diduga berkumpul. Mereka mulai muncul di musim panas, dengan musim puncak dari awal September sampai akhir Oktober.
       Raksasa lembut ini biasanya berkumpul setiap musim gugur di Bahia de Los Angeles, hampir di tengah-tengah Semenanjung Baja di Laut Cortez. Saat itu, spesies ikan terbesar di dunia ini biasanya menyaring plankton yang merupakan makanan mereka dengan mulutnya yang besar.
       Hiu paus atau Rhincodon typus terbesar yang telah dikonfirmasi tumbuh hingga 12,65 meter dengan berat lebih dari 36 ton. Meskipun besar, hiu paus memiliki gigi sangat kecil dan tidak buas. Ini berarti mereka tidak akan mencoba memakan Anda.
       Bila datang ke sini, Anda harus memperhatikan peraturan yang dikeluarkan Pemerintah Meksiko mengenai cara berinteraksi dengan hiu paus. Anda tidak diperbolehkan mengejar, menggiring, dan menyentuh spesies yang berasal sekitar 60 juta tahun yang lalu ini.
       Untuk merasakan pengalaman berenang dengan hiu paus, Anda bisa mengunjungi situs bajaairventures.com. Baja Airventures menyediakan paket wisata mulai dari US$ 1.595 (sekitar Rp14,4 juta) selama empat hari. Semua ini termasuk penginapan, makanan, minuman dan wisata melihat hiu paus dan petualangan lainnya.
       Dengan pesawat bermesin tunggal, Baja Airventures akan mengantar Anda ke desa nelayan terpencil Bahia de los Angeles yang berpopulasi 500 orang. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan perahu ke arah Selatan tepatnya ke penginapan Las Animas Wilderness di teluk pirus.
       Mengikuti paket wisata ini, Anda jangan berharap mendapatkan kemewahan. Ini seutuhnya berhubungan dengan alam dan atraksi utamanya adalah menonton hiu paus. Oleh karena itu, Anda harus siap menikmati tidur dengan tenda, tanpa listrik, televisi, internet atau layanan telepon seluler. Siap berpetualang? (hari/cortezadventurer)