Rabu, 14 September 2011

Hiasi Layar dengan Really Slick Screensavers (Gratis)


skyrocketBosan dengan tampilan screensaver itu-itu saja di komputer kita? Jika kita ingin tampilan screensaver lebih segar dan efek yang menarik, cobalah Really Slick Screensaver. Screensaver ini bisa kita download gratis (bahkan opensource), yang tersedia untuk berbagai platform seperti : Windows, Linux, Android, Mac OS X dan Solaris.


Screensaver pada awalnya dikembangkan untuk mencegah terjadinya efek hitam dilayar komputer CRT (atau juga plasma), karena tampilan di layar yang tidak berubah dalam jangka waktu yang lama dan berkelanjutan (yang disebut dengan phosphor burn-in atau Screen burn-in). Dengan adanya screensaver, maka tiap bagian (pixel) di layar monitor akan selalu berubah karena senantiasa ada gambar yang bergerak.


Contoh Efek Screen Burn in

Dengan kemajuan teknologi saat ini, layar monitor CRT sudah tidak begitu rentan terhadap efek Screen burn in seperti layar-layar jaman dahulu, karena sudah ditambahkan proteksi dengan lapisan alumunium di belakang fosfor-nya. Sehingga kini Screensaver lebih banyak ditujukan untuk hiasan komputer ketika tidak digunakan, memperindah tampilan atau alasan keamanan saja.

Really Slick Screensaver merupakan koleksi screensaver animasi (effek 2D dan 3D) yang menggunakan teknologi OpenGL, sehingga bisa berjalan di berbagai sistem operasi termasuk Linux. Sampai saat ini disertakan 12 screensaver kecil tetapi dengan efek yang menarik. Selain gratis, screensaver ini juga OpenSource, sehingga bagi programmer yang ingin mengembangkan atau mempelajari lebih lanjut, bisa download juga source kodenya.

Instruksi Penggunaan

Pertama-tama download Really slick Screensaver ( 6.7 MB). Selanjutnya buka file zip yang sudah di download tersebut dengan aplikasi semisal Winzip, 7Zip, Winrar dan sejenisnya dan extract (keluarkan) semua isinya di folder tertentu.
Sebelum menjalankan screensaver yang ada, jalankan terlebih dulu file oalinst.exe ( untuk menginstall openAL, library grafis atau file grafik yang diperlukan beberapa screensaver didalamnya). Setelah itu kita bisa mencoba dengan menjalankan langsung file-file screensaver (file yang berakhiran *.scr). Selanjutnya agar screensaver-screensaver tersebut tersedia di pilihan Screensaver Desktop Properties, kita tinggal memindah file-file yang berakhiran SCR ke folder C:\Windows\System32.
Berikut beberapa contoh screenshot (tampilan) screensaver tersebut:
Karena merupakan aplikasi yang menggunakan efek 3D, maka screensaver ini membutuhkan VGA komputer (kartu grafis) yang lumayan bagus, terutama beberapa screensaver seperti SkyRocket. Sehingga jika tampilan screensaver masih putus-putus atau patah-patah, kemungkinan VGA komputer belum kuat menjalankan efek tersebut. Kemudian, meskipun screensaver seperti ini sangat menarik, penggunaan screensaver dengan efek seperti ini terlalu lama juga bisa berefek penggunaan processor yang lumayan tinggi, sehingga bisa menambah panas suhu processor (terutama di notebook/laptop).