Jumat, 14 Desember 2012

Install & Konfigurasi Squid3 di Ubuntu Server 12.04

oke agan2 sekalian akhirnya kita jumpa lagi ya pada pertemuan kali ini, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara melakukan konfigurasi squid 3 di ubuntu server 12.04.

oke gan langsung saja ya kita mulai

Pertama
Instal terlebih dahulu squid 3 pada ubuntu server agan2 sekalian, dengan menggunakan perintah :

Sudo apt-get install squid3

Kedua
Setelah proses instalasi selesai masuk ke dalam direktori squid3 dengan menggunakan perintah :

cd /etc/squid3

kemudian lanjutkan dengan perintah mengcopy squid.conf.origin dan ganti namanya dengan squid.conf, adapun perintah yang digunakan yaitu :

cp squid.conf.origin squid.conf

Ketiga
Setelah proses pengcopyan file selesai selanjutnya lakukan konfigurasi di dalam squid.conf tersebut, dengan menggunakan perintah :

sudo nano /etc/squid3/squid.conf

kemudian cari http port 3128, http_access allow localhost, dan acl localnet src 192.168.0.0/16 hilangkan tanda # didepannya, jika semuanya telah dihilangkan save dan keluar dari jendela konfigurasi.

Keempat
Jika konfigurasi squid3 telah selesai restart squid3 dengan perintah :

sudo /etc/init.d/squid3 restart

Keelima
Selanjutnya hubungkan komputer clien dengan komputer server dengan menggunakan kartu jaringan 1 buah lagi setting ip pada kedua komputer tersebut dalam 1 kelas ip yang sama.

Keenam
Jika telah selesai tes dengan perintah ping. Pastikan kedua komputer telah terhubung dengan mendapatkan balasan reply. jika telah terhubung ketikkan perintah berikut di komputer server

sudo tail -f /var/log/squid3/access.log

Jika selesai setting proxy pada komputer clien dengan ip yang terdapat pada komputer server dan dengan port 3128 yang di konfigurasi pada squid3 tadi. Jika selesai, lakukan browser pada alamat tertentu pada komputer clien jika konfigurasi benar maka akan alamat tersebut akan tampil pada komputer server.

oke agan2 sekalian mungkin cukup sampai disini saja pertemuan kita kali ini semoga semua ini dapat berguna bagi kita semua. ^_^