Minggu, 07 Oktober 2012

Mail Server dengan HMail

Untuk urusan pekerjaan/kantor biasanya administrator jaringan tidak akan sembarangan menggunakan email gratisan seperti yahoo mail ataupun google mail. 

Hal ini dikarenakan biasanya ada beberapa rahasia perusahaan dan informasi vital lainnya yang mungkin kurang/tidak perlu diketahui oleh publik. Selain itu kecepatan dan kepastian sampai atau diterimanya sebuah email bagi perusahaan sangat penting nilainya.

Pada pertemuan kali ini agan2 sekalian kita akan mencoba membahas cara singkat dan mudah bagaimana membangun mail server sendiri pada windows. Adapun beberapa software yang kita butuhkan yaitu :

1.    Xampp/lampp/wampp/IIS/web-server lainnya.
2.    Microsoft SQL Server/MySQL/PostgreSQL/database lainnya.
3.    NetFramework 2.0
4.    Windows Installer 3.1

Adapun mail server yang akan kita gunakan disini adalah program HMail Server. HMail server adalah sebuah program simulasi untuk mail server khusus pengguna windows. 

Program ini gratis jadi gak perlu kuatir dikemudian hari akan terkena masalah lisensi. Kalau kita merasa terbantu dengan program ini kita boleh memberikan kontribusi bantuan berupa donasi uang atau bantuan lainnya. ^_^

Ada beberapa fitur yang terdapat pada HMail Server ini antara lain : POP3, SMTP, IMAP, Virtual Domains, Built-in Backup, SSL encryption, Anti-Spam, Anti Virus, Scripting, Server-Side Rules, Multilingual, Routing, MX Backup, Multihoming, SQL backend, Web administrator.

Oke langsung saja ya, langkah awal sebelum memulai yaitu kita akan terlebih dahulu mendownload NetFramework dan Windows Installer (jika windows tidak update), setelah itu di install kemudian restart tuh komputernya. ^_^

Langkah berikutnya kita download dan install HMailServer, kemudian kita konfigurasi databasenya. Pada contoh dibawah saya menggunakan database MySQL.


Langkah berikutnya kita download dan install xampp/lampp/IIS atau web-server yang lainnya. Terserah agan2 sih sukanya yang mana ^_^.


Langkah berikutnya kita buka folder default dari HMailServer yaitu \Program Files\HMailServer\PHPWebAdmin kemudian kita cari file dengan nama config-dist.php, kopi file ini kemudian rubah namanya menjadi config.php


Buka file config.php dengan text editor kesukaan agan2 sekalian kemudian rubah beberapa bagian yang saya beri tanda.


Langkah berikutnya kita perlu membuat alias pada XAMPP agar bisa menuju ke Hmail web administrator. Saya tidak tau defaultnya untuk xampp versi terbaru karena saya menggunakan xampp versi lama. Intinya agan2 sekalian cara saja sendiri file konfigurasinya pada folder xampp yang memiliki konfigurasi alias.


Kemudian tambahkan alias pada file konfigurasi tersebut sesuai dengan keinginan kalian pada bagian yang saya beri tanda.


Langkah berikutnya mencoba konfigurasi hmailserver melalui web-server ketikkan alamat ip ditambahkan /hmail (atau lainnya sesuai konfigurasi agan masing-masing)


Kalau kalian sudah biasa manajemen domain maka konfigurasi pada hmailserver akan sangat mudah dipahami dan tidak akan menemui kesulitan.


Nah agan2 untuk pengembangan berikutnya silahkan kalian pelajari sendiri. Saya rasa sudah cukup jelas artikel ini ^_^ oke selamat berjuang ya . . . .